Ekonomi

Warga yang Bayar Pajak Tepat Waktu Diberi Hadiah

PEKALONGAN – Berbagai cara ditempuh desa untuk mempercepat pelunasan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) warganya. Pemerintah Desa Blimbingwuluh memberikan beragam hadiah sebagai tanda apresiasi pada warganya yang mau membayar pajak tepat waktu dan sesuai aturan.

Desa Blimbingwuluh terletak di Kecamatan Siwalan, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. Inovasi di atas menjadi stimulan bagi warga desa agar terbiasa membayar pajak tepat waktu. Beragam hadiah yang disiapkan, antara lain TV, sepeda, kipas angin, kompor gas, dan lainnya.

Desa Blimbingwuluh membeli beragam hadiah hiburan di atas dengan dukungan anggaran dari dana kas desa. Hadiah akan diundi bersamaan dengan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI, pada Bulan Agustus.

Tradisi pemberian hadiah sudah memasuki tahun kedua. Kupon undian akan diperoleh warga yang sudah melunasi PBB sebelum akhir Juni. stimulan dalam bentuk reward terbukti ampuh meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak.

Total nilai pajak Desa Blimbingwuluh sekitar Rp 90 juta. Desa Blimbingwuluh tidak punya tunggakan hutang pajak dari tahun 2014 sampai 2019. Bahkan, program kreatif tersebut membuat Desa Blimbingwuluh menjadi desa tercepat dalam pelunasan PBB di Kabupaten Pekalongan.

Selain inovasi terkait pajak, Desa Blimbingwuluh juga tengah mempersiapkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang akan bergerak di antaranya dalam pengelolan Pamsimas. Tahun ini, Pemerintah Desa berencana membangun saluran tambahan ke 500 rumah warga.

Program penataan managemen BUMDes juga segera dilakukan agar pelayanan dan perawatan Pamsimas akan menjadi lebih baik. Peningkatan kualitas layanan BUMDes akan meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes).

Penulis : Mesa
Sumber : Kemendes PDTT

Baca Juga :  Kapasitas Pendamping Desa Harus Ditingkatkan

Tinggalkan Balasan

error: Ⓒ mediadesa.id
Close
Close
%d blogger menyukai ini: