Mitos

Wentira, Kota Ghaib yang Ada di Sulawesi Tengah

SULAWESI TENGAH – Berbicara tentang suatu daerah, selalu saja memiliki cerita-cerita misteri turun temurun dari nenk moyang mereka yang menarik sekali untuk diungkap. Soal kota ghaib maka tentu yang ada di benak adalah suatu peradaban magis terkenal semacam Eldorado sampai Shambala yang ada di Tibet. Dua kota ini memang sering diceritakan sungguhan walaupun bukti fisiknya belum benar-benar ada. Masih soal kota ghaib, Indonesia pun juga memilikinya.

Ada beberapa peradaban gaib yang begitu punya nama di Indonesia, yang paling terkenal adalah Wentira. Kota kasat mata yang dipercaya ada di daerah Sulawesi Tengah. Sama seperti pemukiman ghaib lainnya, yang satu ini juga diceritakan memiliki hal-hal yang luar biasa. Mulai dari struktur kotanya yang canggih dan mempunyai peradaban tinggi, katanya penduduk disana yang tampan dan cantik.

loading...

Seperti sebuah dongeng, namun banyak yang meyakini bahwa kota ini benar ada. Bahkan ada banyak gerbang yang dipercaya bisa menghubungkan dunia nyata dan Wentira. Menurut informasi yang telah dihimpun, Kota Wentira sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda dan Jepang. Dari kesaksian yang pernah ditulis, seorang pilot yang mengendarai pesawat tempur milik Belanda telah melihat kota megah di tengah hutan. Bangunan-bangunan di kota tersebut berwarna kuning keemasan dengan gedung-gedung pencakar langit lainnya. Nama Kota ini diambil dari kata Uventira yang bermakna air yang bewarna merah. Tetapi, masyarakat sekitar tetap familiar dengan nama Wentira.

Jalan menuju Wentira dipercaya bisa dituju dari sebuah daerah di Palu. Namun, ketika kemari jangan harap menemukan gerbang atau semacamnya karena memang tak ada. Tapi, kalau kamu punya semacam kekuatan batin yang kuat, maka akan terlihat sebuah gerbang ghaib. Ada beberapa jalan lain yang dipercaya bisa menuju Wentira. Misalnya tugu kuning di wilayah bernama Tavaeli dan Proboya. Untuk bisa ke Wentira tidak perlu ritual macam-macam. Punya kekuatan batin itu lebih dari cukup. Sayangnya, tak semua orang bisa dan punya.

Baca Juga :  Mentan Tegaskan Perang Lawan Pelaku Alih Fungsi Lahan

Menurut kesaksian warga yang lain, diberitakan bahwa sosok gadis bernama Lin Vita Puspita yang memutuskan menikah dengan penghuni Wentira. Mahasiswi STIE Palu ini sempat berpamitan bahwa ia akan menikah dengan pemuda asal Wentira. Ia meminta kedua orangtuanya agar selalu mengadakan doa tahlil karena ia tidak akan bisa kembali pulang dari Kota Wentira. Menurut informasi warga, gadis itu memang tak pernah pulang bahkan jejaknya pun juga sulit ditemukan seperti lenyap begitu saja.

Meskipun cerita soal Wentira sangat kuat dan meyakinkan, namun banyak orang yang masih meragukannya. Memang kalau dipikir dengan logis, hal yang seperti ini tak masuk akal. Namun, kalau kita berkaca pada sudut pandang lain, mungkin saja Wentira dan segala keajaiban yang melingkupinya memang benar ada.

Penulis : Mesa
Sumber : Wisatapalu, Bombastis

Loading...

Tinggalkan Balasan

Close
Close