Wisata Inklusi Banyu Beku

Inilah salah satu pemandangan yang ada di suatu tempat wisata di Jawa Tengah. Tepatnya Desa Banyu Beku yang merupakan wahana bagi siapa saja, mampu memberikan layanan dan ruang yang aksesibel untuk semua orang, tanpa terkecuali. Orang tua, anak-anak kaula muda, bahkan untuk sebagian orang yang berkebutuhan khusus (difabel).

Ditambah dengan adanya dukungan dari segenap lapisan masyarakat dan potensi alam yang mendukung pula menjadikan tempat ini ramai dikunjungi, wisata airnya menjadi pilihan terbaik yang layak diunggulkan sehingga menjadi daya tarik tersendiri.

Desa banyu beku adalah desa yang terletak di kabupaten Klaten Jawa Tengah, yang letaknya tidak jauh dari Kota Yogyakarta. Desa ini dikenal dengan desa inklusi karena fasilitas desa, baik fasilitas kantor desa maupun wisata sangat ramah bagi kaum difabel. Selain di kantor desa tersedianya kursi roda juga tersedia fasilitas petunjuk bagi tuna netra. Hal yang sangat menarik dari tempat wisata lainnya, yakni pariwisata yang berwawasan inklusi.

Wahana yang disajikan sangat beragam, wisata alam, seperti perahu, menangkap ikan dan body raftingWalaupun semuanya ditunjang dengan fasilitas yang seadanya namun ramah bagi kaum difabel.

Saat ini banyu beku menjadi tujuan bagi beberapa penggiat gerakan kemanusian, karena dinilai pembangunan yang dikembangkan di desa ini sangat berkarakter.

Andi Ibnu Hadi – MediaDesa.id

 

 

Loading...

Tinggalkan Balasan

error: Ⓒ mediadesa.id
Close
Close