Kampus

Wujud Aksi Nyata Mahasiswa Umtas di Masyarakat

MediaDesa.idTASIKMALAYA. Kuliah Kerja Nyata (KKN) Umtas dimulai tanggal 6 Agustus 2018. KKN ini merupakan program pertama di Umtas. Kelompok 25 KKN Umtas yang ditugaskan di Desa Cilangkap Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya terdiri dari 9 anggota dari berbagai jurusan yaitu Perawat, BK, Sendratasik (Seni Drama Tari dan Musik), dan PGSD. Posko kkn 25 yang bekerja sama dengan Kelompok Pemuda yang terkumpul dalam wadah karang taruna yang diberi nama Association Cilangkap Charity (ACC). Bukan hanya kerjasama pada bidang tempat/posko namun program kerja juga diselaraskan baik pengajian bulanan, kegiatan HUT RI ke 73, pelatihan kesenian ke sekolah dasar dan pengadaan Expo Mensejahterakan Keluarga Desa Cilangkap.
Selain dengan ACC, KKN 25 Umtas bekerjasama dengan bidan desa dengan mengadakan pemberian vitamin kepada balita yang diadakan di posyandu di 6 dusun yang ada di Desa Cilangkap.
Meskipun sebagai angkatan pertama, kelompok KKN ini ternilai kompak dalam pengabdiannya, terlihat pada saat kegiatan HUT RI KE 73 ada delegasi dari KKN 25 Umtas sebagai petugas Upacara dan andil dalam kegiatan Karnaval se Desa Cilangkap.
Program lainnya yang tidak kalah menarik bekerjasama dengan ibu-ibu PKK dengan mengadakan kreativitas dalam rangak merayakan HUT RI ke 73 pada tanggal 25 Agutus 2018 terdiri dari lomba masak liwet, make up wajah, dan pesta rakyat lainnya.
Pelatihan seni yang diberikan pada anak sekolah dasar pun tidak kalah menarik, anak-anak dibina dalam bidang seni tari tradisional dan tari modern, begitu juga dengan seni lainnya seperti kecapi, gamelan, degung, karawitan.
Puncak program KKN 25 umtas mengadakan Expo Mensejahterakan Keluarga Desa Cilangkap yang terdiri dari Tabligh Akbar yg bekerjasama dengan MUI Desa Cilangkap dan Pemuda ACC pada hari Jum’at 31 Agustus 2018. Juga pada hari Sabtu, 1 September 2018 mengadakan lomba seni pencak silat dari 5 padepokan Pencak silat yang ada di desa Cilangkap dan menampilkan kreasi seni anak sekolah dasar yang sudah dilatih sejak awal KKN.
Pada hari Senin 3 September 2018 menjadi hari terkahir kkn selaligus perpisahan dengan diadakan makan liwet bersama antara mahasiswa KKN 25 Umtas, Pembimbing KKN, Pemerintahan Desa, para Kepala dusun dan Pemuda Pemudi Association Cilangkap Charity dan dipungkas dengan pemberian plakat penghargaan kepada desa, setifikat penghargaan kepada kepala dusun dan ACC, serta pemberian plang papan nama rumah kepala dusun, sekretariat ACC, petunjuk jalan di 2 dusun, dan papan informasi di 4 dusun.

Baca Juga  PMII Komisariat STAINU Miliki Ketua Baru

Komentar masyarakat desa Cilangkap
Azzam (Ketua ACC) “Mahasiswa KKN 25 Umtas ini kerjanya bagus, sangat kompak, memberi kesan baik dan pesannya tetap jaga kekompakan kalian”

Agus Kurnia (Kepala Dusun Desa) “Ini pengabdian pertama kalian, pengabdian sesungguhnya kelak setelah lulus menjadi sarjana”

Sandi Oces (Ketua Karang Taruna Dusun Desa) “KKN 25 Umtas bekerja bertugas sangat disiplin, ramah kepada masyarakat gampang kenal, dan pesannya sering-seringlah silaturahmi ke Desa Kami”. (Azam)

loading...
Loading...

Tinggalkan Balasan

error: Ⓒ mediadesa.id
Close
Close