Pendidikan

Yayasan Bina Insan Serahkan Bantuan Seragam Sekolah Untuk Anak-anak Desa Gunungsari

TASIKMALAYA – Sejumlah anak di Desa Gunungsari Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya mendapat bantuan seragam sekolah dari Yayasan Bina Insan.
Bantuan itu diserahkan langsung oleh Ketua Yayasan Bina Insan Tasikmalaya, Ajat Sudrajat di Rumah Asuh, Jl. Cipanas Galunggung Desa Gunungsari Kec. Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya, Sabtu 29 Juni 2019.

Ajat mengatakan, masih banyak program pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Misalnya Program Indonesia Pintar (PIP). PIP merupakan program Pemerintah yang difokuskan pada kebutuhan pendidikan sebagai upaya pemerintah untuk berupaya mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah serta dapat menarik siswa putus sekolah agar kembali melanjutkan pendidikannya.

“Namun sayangnya masih banyak anak-anak dari keluarga kurang mampu yang tidak mendapat bantuan itu, akhirnya Yayasan mencoba mengalokasikan bantuan dari donator untuk membeli seragam sekolah” Kata Ajat.
Sebagai informasi, masyarakat penerima bantuan Program PIP ini diberikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) sebagai identitas untuk mendapatkan PIP.

Bantuan pendidikan yang diberikan pemerintah kepada pemegang KIP berbeda-beda untuk tiap jenjang pendidikan. Untuk tingkat SD/MI/sederajat sebesar Rp 450.000 per tahun, tingkat SMP/MTs/sederajat Rp 750.000 per tahun, dan tingkat SMA/SMK/MA/sederajat sebesar Rp 1.000.000 per tahun sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2016.

Yayasan mempunyai Program Insan Peduli, Program ini merupakan komitmen Yayasan agar seluruh anak bisa mendapatkan Hak Pendidikan. Bantuan berupa paket seragam sekolah ini ditujukan untuk anak yatim dan keluarga kurang mampu. Bantuan yang diserahkan berupa seragam putih merah (SD), seragam putih Biru (SMP), seragam pramuka, topi, rok dan sepatu.

Ajat mengatakan sebetulnya masih banyak anak-anak di lingkungan yayasan yang memerlukan bantuan serupa. Namun, karena keterbatasan biaya, akhirnya Yayasan memprioritaskan anak-anak yang paling membutuhkan.

Baca Juga  SMA Plus Al-Wahid Peringati Hari Sejuta Pohon

“Saat ini baru 3 orang anak yang diberikan bantuan paket seragam sekolah. Bantuan ini kami dapatkan dari para Donatur Yayasan yang menyisihkan sebagain hartanya. Meski sangat sederhana, semoga bantuan yang kami berikan menjadi motivasi bagi anak untuk meraih prestasi.”

Salah satu orang tua, Nining mengatakan terimakasih kepada Yayasan Bina Insan atas bantuan yang diberikan. “Semoga pengurus selalu mendapat keberkahan usia, aktifitas, dan balasan yang berlipat ganda dari Allah SWT. Semoga anak-anak kami semakin semangat menempuh pendidikan dan memberikan prestasi yang membanggakan bagi orang tua”

Penulis : Mesa

Loading...

Tinggalkan Balasan

error: Ⓒ mediadesa.id
Close
Close